Iklan

profil red

UPP Koltim Sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar

Kabar-Tenggara
Kamis, 26 Agustus 2021, Agustus 26, 2021 WIB Last Updated 2021-08-26T12:28:46Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Koltim, KT.Com -
Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar Sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) dan Pedoman Kota Bebas Pungli di ruang rapat Bupati Koltim, Rabu (25/8/2021).


Pelaksanaan kegiatan sosialisasi di buka langsung oleh Asisten I yang mewakili Bupati Kolaka Timur, turut dihadiri oleh Wakapolres Kolaka, Dandim 1412 Kolaka, Inspektur Kabupaten Kolaka Timur dan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau yang mewakili. berhubung Bupati dan Para Pimpinan OPD sedang menghadiri Rapat Paripurna Penetepan Perda RPJMD di gedung DPRD Koltim.


Untuk diketahui Saat ini UPP ada di semua provinsi di Indonesia hingga kabupaten dan kota. UPP merupakan kepanjangan tangan Satgas Saber Pungli dalam upaya menyapu bersih praktik pungli pada pelayanan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.



Unit pemberantasan pungutan liar sendiri merupakan gabungan dari pihak pemerintah daerah dan institusi daerah dalam hal ini inspektorat dan aparat penegak hukum (APH) yakni kepolisian dan kejaksaan. Seperti UPP di tingkat Provinsi di ketuai oleh Irwasda Polda Sultra dan sekertarisnya dari inspektorat Prov. Sultra, adapun untuk pengurus UPP di tingkat Kabupaten/Kota di ketuai oleh Wakapolres dan sekertaris dari inspektorat masing-masing Kab/Kota.


Adapun mengenai kegiatan sosialisasi siber pungli ini berhubungan dengan penyelenggaraan layanan publik, agar dapat memaksimalkan setiap kegiatan-kegiatan yang bertujuan mengupayahkan peningkatan dan pengefektifitasan pelayanan publik agar berjalan dengan maksimal sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan publik yang bebas dari pungli, sehingga mekanisme pengaduan masyarakat khusus pungutan liar dapat dilakukan secara langsung di sekretariat unit Pemberantasan Pungli di inspektorat masing-masing Kabupaten/Kota khususnya di Sulawesi Tenggara.


Komentar

Tampilkan

Terkini