Iklan

profil red

Bupati Sulwan Menghimbau Para Kades dan BPD di Koltim Jadi Bagian dari UT

Kabar-Tenggara
Kamis, 03 Februari 2022, Februari 03, 2022 WIB Last Updated 2022-02-03T13:39:38Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


KOLTIM, Kabartenggara.com
– Pj. Bupati Kolaka Timur (Koltim) Ir. H Sulwan Aboenawas M.si menghimbau seluruh kades dan BPD di Koltim menjadi bagian dari kegitan sosialisasi  Univesrsitas Terbuka (UT), yang digelar di Aula Pemda Kamis, 3/02/2022.


Dalam sambutan Bupati, ia menghimbau para kepala desa dan perangkat desa, serta anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang belum mengikuti pendidikan setingkat sarjana, agar menjadi bagian dari Sivitas Akademika Universitas Terbuka sesuai program study yang diminati.


Bupati Juga mengemukakan terkait Pendidikan di Indonesia yang menjadi pilar pembangunan nasional. untuk itu, kata Kosong satu Koltim ini,  pembangunan pendidikan di kabupaten Koltim masih menjadi skala prioritas, karena perangkat Desa dalam kedudukannya adalah lembaga pemerintah yang harus mengoptimalkan pelayanan, melaksanakan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan serta pemberdayaan masyarakat.



Sehingga menurut Bupati Sulwan,  Para Kepala Desa dan Aparat Desa serta BPD dituntut untuk meningkatkan kwualitas taraf pendidikan, yang tidak menutup kemungkinan dalam perkembangan zaman regulasi persyaratan menjadi perangkat desa minimal sarjana.


“Dalam menghadapi perkembangan zaman ke depan kita perlu mempersiapkan diri, karna tidak menutup kemungkinan perubahan regulasi menuntut persyaratan pendidikan yang lebih tinggi, minimal Sarjana," himbaunya.


Sementara ditempat yang sama, kepala Universitas Terbuka asal kota Kendari, Drs. Arifin Tahir, S.Pd., M.Pd, menyampaikan tujuan Universitas Terbuka yang merupakan Universitas Negeri, dan salah satu penyelenggara pendidikan secara Terbuka dari jarak jauh, tanpa harus meninggalkan tempat kerja atau kampung halaman bagi yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi setinggkat sarjana dan Magister.




kata Arifin Tahir, "UT berusaha memberikan layanan pendidikan kedaerah yang tidak dapat dijangkau oleh universitas lain, guna penguatan kapasitas dan peningkatan sumberdaya masyarakat, karena Universitas Terbuka telah menjalin kerjasama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi guna peningkatan kapasistas dan Pemberdayaan Desa," terangnya.


Untuk di ketahui Pemkab Koltim melalui dinas pemberdayaan masyarakat desa bersama dengan universitas terbuka Kendari menggelar kegiatan sosialisasi program universitas terbuka bagi kepala desa, sekretaris desa dan kaur keuangan desa se-Koltim.


Kegiatan sosialisasi tersebut, turut dihadiri  PJ Bupati Koltim, kepala UPBJJ-UT Kendari, para asisten, staf ahli, kepala OPD lingkup Pemda koltim  dan para Kades se koltim, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang sangat ketat. (*)

Komentar

Tampilkan

Terkini