Iklan

profil red

Masyarakat Padati Malam Pembukaan MTQ, Bupati Koltim Ajak Umat Islam Senantiasa Mancintai AlQur'an

Kabar-Tenggara
Minggu, 27 Februari 2022, Februari 27, 2022 WIB Last Updated 2022-02-27T09:02:47Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Koltim, Kabartenggara.com
- Masyarakat padati pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke - V11  Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) tahun 2022. Bupati Koltim Ir H Sulwan Aboenawas, M.Si, Dorong masyarakat yang beragama Islam untuk senantiasa mencintai AlQuran.


Syi'ar MTQ kali ini mengangkat tema "MTQ ke VII Kolaka Timur dengan membentuk generasi Quran demi mewujudkan koltim yang agamais, maju, mandiri dan berkeadilan", yang akan mempertandingkan 8 cabang perlombaan, berpusat di lapangan kecamatan Poli Polia, Sabtu, 26/2/2022.


Dimalam pembukaan MTQ  yang terlihat sangat semarak dan di padati masyarakat, di buka secara resmi Pj Bupati Koltim Sulwan Aboenawas, bersama dengan Ketua LPTQ  Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) DR. Lukman Aboenawas, SH.



Diawali dengan sambutan Pj Bupati Koltim yang menyampaikan,  Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) merupakan Aktvitas keagamaan yang sangat akrab di umat muslim. Dimana MTQ merupakan program Nasional  utamanya aspek Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkaitan dengan penguatan  Iman dan Takwa.


Dikatakannya, hal ini relevan dengan amanah LPTQ Nasional, sebap  MTQ salah satu ajang pembangunan spritual, sehingga melalaui MTQ diharapkan  mendorong  masyarakat islam Khususnya di Kolaka Timur untuk  senantiasa mencintai Alqur'an, memahami, menghayati dan mengamalkan  serta membentuk karakter yang bernilai Alqur'an.


"Pembentukan karakter bangsa tergantung dengan ketersedianya Sumber daya manusia (SDM) dan  tanggungjawab sosial kemasyarakatan dalam pembangunan, ini sesuai dengan Alqur'an surah An Nisa Ayat 9. Melalui MTQ ini kita berusaha memperkokoh persatuan dan kesatuan serta semangat kebersamaan serta mampu membangun daerah kita, "dimana Koltim sebagai daerah perjuangan yang religius serta berbudaya", bebernya.


Harapan Bupati pada pelaksanaan MTQ kali ini, para peserta 12 Kecamatan untuk menjunjung tinggi sprotivitas.



Sementara DR. Lukman Aboenawas Ketua LPTQ Sultra Yang juga selaku Wakil Gubernur Sultra, sangat mengapresiasi serta menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemda Koltim sehingga MTQ ini bisa terlaksana hingga 5 hari kedepan.


Dikatakan Lukman, Beberapa kabupaten  kota di Sultra  yang telah melaksanakan MTQ, evaluasinya penyelenggarannya MTQ malam ini yang cukup meriah.


Ia berharap, sebagai ajang lomba untuk mendalami isi alqur'an dan sunnah rasul, maka ia mengajak kepada semua  kafilah serta hakim untuk melasakanakan penilaian sebaik mungkin.


''Kita berikan apa yang terbaik karena semua ini tanggungjawab kita semua,'' katanya.


Lebih lanjut Wakil Geburnur Menyampaikan, Pelaksanan  MTQ setiap 2 tahun di tingkat Nasional yang  juga merupakan  program  Nasional, dan merupakan  pengembangan agama yang selalu  memberikan  kontribusi positip bagi Pemerintah.



Dimana Program Sultra Beriman juga program  yang  di amanahkan seluruh komponen  kabupaten kota, ini di maksudkan begitu pentingnya Iman dan Takwa.


Pada kesempatan tersebut Lukman Abunawas menekankan pentingya Akhlaqul Karimah, MTQ bermakna memantapkan Ahlak karimah karena moral manusia sangat penting, "mari kita isi dan maknai Alqur'an sebagai sumber pundamental bagi umat islam", tuturnya.


Ia juga menegaskan bahwa makna MTQ merupakan ajang untuk memupuk persatuan dan kesatuan bangsa, rukun damai bagi semua suku sebagimana program koltim sejahtera bersama masyarakat, aman dan beradab.



Usai Lukman Abunawas memberikan arahan dan membuka secara resmi MTQ, di lanjutkan pemberian bantuan sosial kepada pesantren Fastabiqul Khaerat Poli - Polia  sebesar 50 juta, pondok pesantren Al bukhari wesalo Kecamatan  Lalolae sebesar Rp 35 juta, pesantren Hidayatul Tolabah Kecamatan  Lambandia sebesar Rp 35 juta. (*)

Komentar

Tampilkan

Terkini