Iklan

profil red

Musrenbang Terakhir di Uluiwoi Beda dari Biasanya, Bupati Sulwan Sebut Tiga Poin Program Strategis Mendesak

Kabar-Tenggara
Senin, 21 Februari 2022, Februari 21, 2022 WIB Last Updated 2022-02-22T08:06:09Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

Ketgam, Pj. Bupati Koltim Ir. H Sulwan Aboenawas, M.Si, Membuka Musrenbang tingkat kecamatan di Uluiwoi

Kabartenggara.com -
Musrenbang tingkat kecamatan yang berakhir di Rujab Camat Uluiwoi, Senin, (21/2/202), berbeda dari biasanya.

Pj. Bupati Kolaka Timur Ir H. Sulwan Aboenawas, M.Si, menyebut ada tiga poin penting program strategis yang sangat mendesak, saat membuka kegiatan musrenbang terakhir yang menggabungkan dua kecamatan sekaligus, yakni kecamatan uluiowi dan Uesi. 


Ke tiga poin program strategis yang sangat mendesak dalam pembangunan hingga tahun 2023 yag di sebutkan Bupati, yakni pembangunan infrastruktur perdesaan mulai pembangunan jalan, jembatan dan irigasi.


Adapun yang berbeda dari biasanya, giat Musrenbang tingkat kecamatan yang di mulai sejak 11/2/2022 lalu, dibeberpa kecamatan hanya diisi dengan diskusi dan dilanjukan dengan acara eksebisi sepak bola antara pemda dan muspika.


Ketgam, dana Sumbangan mesjid Lalombai yang terkumpul


Namun lain halnya musrenbang di Uluiwoi, dimana dalam proses diskusi sesi tanya jawab tersebut, Bupati Sulwan mengajak Sekda Koltim H. Belli, SE. M.Si, Ketua DPRD Koltim Suhaemi Nasir bersama Anggota DPRD yang berasal dari Dapil 4 yang hadir, dan seluruh OPD lingkup Koltim, untuk menyumbang sesuai dengan kerelahan hati untuk membantu pembangunan Mesjid di Desa Lalombai, yang dikeluhkan ketua pembangunan mesjid Lalombai, yang dikatakanya sangat butuh uluran tangan pemda, karna mesjid tersebut belum bisa dipergunakan saat bulan suci Ramadhan tiba.


Sehingga dengan ajakan Bupati hasil sumbangan sukarela tersebut, sempat terkumpul mencapai kurang lebih 20 juta rupiah, dan atas nama Nasir, Ketua Pembangunan Mesjid yang sekaligus kepala dusun 2 desa lalombai, mewakili segenap masyarakat desa mengucapkan terima kasih kepada Bupati yang menggerakkan hati semua yang menyumbang di mesjid.



Dimana sebelumnya, yang takkala menarik, yakni acara Molulo yang di adakan malam usai giat eksebisi sepak bola antara pemda Koltim dan Muspika kecamatan yang di menangkan pemda koltim dengan skor 5 -3, berlangsun dilapangan kecamatan Uluiwoi, semua peserta  masyarakat yang masuk malulo mendapat saweran dari pemda berupa Amplop.



Bukan hanya itu yang berbeda dari biasanya, disela - sela sambutannya saat membuka musrenbang, bupati juga mengingatkan kepada seluruh kepala desa dan lurah se kabupaten Kolaka Timur, agar tidak menggunakan Garuda yang berukuran kecil di acara-acara pemerintahan, dikataknya, penggunaan Garuda ukuran kecil hanya dapat digunakan pada kegiatan-kegiatan budaya.


Adapun Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah Kabupaten Kolaka Timur (RKPD - Koltim) Tahun 2023,  terkait isu strategis yang tertuang dalam RPJMD yang prioritas pembangunan di Kolaka timur, sama dengan yang disampaikan disetiap musrembang tingkat kecamatan sebumnya, bahwa ada 6 poin sasaran prioritas pembangunan yang telah menjadi rencana kerja Pemda koltim.



Yaitu, Peningkatan akses pendidikan, kesehatan dan pengentasan kemiskinan, percepatan pembangunan infrastruktur dasar jalan kabupaten, pengembangan jalan provinsi dan peningkatan jalan nasional, pemberian stimulan bagi pembangunan infrastruktur desa/kelurahan. peningkatan produktivitas pertanian, perkebunan dan penguatan UMKM, dan yang terakhir adalah terkait pendidikan, kesehatan dan pengembangan potensi pariwisata.


Turut hadiri dalam acara musrenbang tersebut,  PJ. Bupati Kolaka Timur, Ir. H. Sulwan Aboenawas, M.Si beserta ibu Ketua Tp-PKk Koltim, Ketua DPRD Kolaka Timur  Suahemi Nasir, S.Pd.,M.Pd, bersama anggota asal dapil 4, PJ. Sekda Kolaka Timur, H. Belli, SE.,M.Si beserta ibu, para pimpinan OPD, para Asisten, para staf ahli, para Kabag serta Kapolsek Uluiwoi, Danramil 1412-06 Mowewe, camat dan seluruh perangkat desa/kelurahan se-kecamatan Uluiwoi dan Uesi serta tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan masyarakat yang sempat hadir dalam kegiatan tersebut. (*)


Komentar

Tampilkan

Terkini