Iklan

profil red

Pemkab Koltim Gelar Musrembang Tingkat kecamatan, Target Infrastruktur Jalan Dasar dan Pemulihan Ekonomi

Kabar-Tenggara
Sabtu, 12 Februari 2022, Februari 12, 2022 WIB Last Updated 2022-02-13T04:48:49Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 

Acara Musrenbang di Kecamatan Dangia Sabtu, (12/2/2022)

Kabartenggara.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Timur (Pemkab-Koltim)  menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Tahun 2023 tingkat Kecamatan, dengan tema "Pembangunan infrastruktur dasar, serta pemulihan ekonami di masa pandemi Covid 19".


Pj.Bupati Koltim Ir. H. Sulwan Aboenawas M,Si, bersama seluruh Organisasi perangkat Daerah (OPD) lingkup koltim, serta ketua dan anggota DPRD Koltim, turut dalam Musrenbang tersebut. Guna mempertemukan usulan Desa melalui kecamatan dengan rencana kerja OPD, termasuk pokok pokok pikiran yang diusulkan Anggota DPRD Koltim.


Sementara musrenbang hari ini Sabtu, (12/2/2022 - red) merupakan hari ke-2 yang berlangsung di kecamatan Poli Polia dan Kecamatan Dangia, dimana sebelumnya yang merupakan musrenbang perdana Bupati Sulwan Aboenawas, pada hari Jumat (11/2) di Kecamatan Aere, dan ke-2 di gelar di gedung olahraga kecamatan Lambandia. 

Musrenbang Perdana Bupati Koltim, Ir. H. Sulwan Aboenawas, M.si, di Kecamatan Aere, jumat, 11 februari 2022


Adapun dalam kegiatan musrenbang Bupati Sulwan berharap, bisa menjadi roh untuk rencana pembangunan tahun 2023, dengan ditetapkannya tema pembangunan infrastruktur dasar, serta pemulihan ekonomi masa pandemi covid 19''. Untuk memperhatikan isu-isu strategis dalam rancangan rencana pembangunan jangka menengah Daerah.


Dimana dalam sambutan Sulwan yang menegaskan, agar prioritas pembangunan tahun 2023 bertitik tolak pada percepatan pembangunan infrastruktur dasar yang berkelanjutan, pembangunan manusia melalui peningkatan akses pendidikan, kesehatan dan pengentasan kemiskinan. Peningkatan nilai tambah ekonomi melalui sektor pertanian, perkebunan, pariwisata dan UMKM. Kemudian Pelestarian lingkungan hidup, dan pengembangan seni budaya lokal, serta menumbuhkan prestasi dibidang olahraga dan kesehatan.


"Kita arahkan pada Peningkatan akses pendidikan, kesehatan dan pengentasan kemiskinan. Pembangunan rumah sakit umum daerah dan pemberian jaminan kesehatan kartu sehat daerah (KSD). Percepatan pembangunan infrastruktur dasar jalan kabupaten, Ruas jalan kabupaten setiap tahun di setiap kecamatan sudah kita mulai, dengan beberapa titik strategis sesuai kemampuan keuangan daerah kita. pengembangan jalan Provinsi dan peningkatan jalan nasional. Untuk pengembangan jalan provinsi sudah kita selesaikan dari arah rate-rate hingga ke ladongi, selanjutnya akan terus kita perjuangkan, melalui penganggaran ABPD provinsi dan APBN. untuk jalan nasional dari arah tumbudadio sampai ke lalingato sepanjang 16 kilometer, tahun ini sudah kita anggarkan," Kata Bupati.

Acara Musrenbang Ke-2 di kecamatan Lambandia, Jumat, 11/2/2022


Lebih lanjut Bupati H. Sulwan dalam sambutanya, mengsahuti semua yang dipaparkan masukan dan kebutuhan pokok pokok prioritas secara umum usulan yang di dominasi bidang infrastruktur.


Dikatakannya, tahapan musrembang kecamatan merupakan rangkaian dari proses penyusunan rencana kerja pemerintah, dan wadah sekaligus proses perencanaan pembagunan aspiratif, yang dimulai dari bawah sebagai sebuah proses tahunan. Sehingga diharapkan dapat menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai dengan situasi, kondisi dan perkembangan masyarakat.


"Pada kesempatan yang baik ini, saya mengharapkan kepada seluruh komponen pelaku pembangunan yang hadir, untuk memberikan sumbangan pemikiran, sehingga melalui musrembang ini dapat mengakomodir berbagai aspirasi masyarakat, yang akan dipadukan dengan kebijakan dan prioritas program pembangunan pemerintah pusat dan Provinsi", Harapnya.


Ia mengatakan, semua yang prioritas dengan dasar isu strategis RPJMD rencana kerja Pemda koltim tahun 2023, adalah sinkronisasi dan sinergitas, yang kemudian diharapkan akan mampu mengoptimalkan pemanfaatan potensi wilayah, serta menjawab permasalahan dan kebutuhan mendesak masyarakat, sesuai dengan visi dan misi daerah Koltim tahun 2021-2026.


Walaupun kata Bupati, "Kita ketahui bersama bahwa dalam masa pandemi covid 19, permasalahan dan tantangan pembagunan semakin besar, sementara dilain pihak sumber daya pembangunan, khususnya pembiayaan pembangunan yang jumlahnya terbatas, sehingga diperlukan adanya penajaman program pembangunan, agar lebih fokus kepada kebutuhan mendesak masyarakat kita".


Kemudian dalam kesempatan itu, Bupati mengucapkan terimakasih atas kehadiran bapak/ibu tokoh masyarakat ,tokoh agama, tokoh adat, tokoh perempuan dan tokoh-tokoh pemuda, katanya, hal ini menunjukan rasa kebersamaan masyarakat dalam mengawal perencanaan pembangunan, yang sudah di mulai dari tingkat dusun, lalu dibawa ke musyawarah desa dan hari ini, "kita akan tetapkan sebagai usulan prioritas kecamatan, Sungguh suatu kehormatan bagi kami", kata Bupati.


Dan acara musrembang ini terlihat tetap mengedepankan protokol kesehatan covid 19 Yang sangat ketat. (*)

Komentar

Tampilkan

Terkini