Iklan

profil red

Peningkatan JUT Desa Lamunde Teralisasi Melalui Dana Desa Tahap Satu

Kabar-Tenggara
Kamis, 07 April 2022, April 07, 2022 WIB Last Updated 2022-04-07T14:57:26Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 


Kabartenggara.com -- Salah satu Aitem pembangunan yang menjadi skala prioritas masyarakat Desa Lamunde Kecamatan Tinondo, Kabupaten Kolaka Timur, yang dianggarkan melalui Dana Desa (DD) Tahun 2022,  yakni, peningkatan Jalan Usaha Tani (JUT) telah teralisasi.


Sebagaimana diungkapkan Altin L (Kades Lamunde), Program Perioritas kerja yang di usulkan masyarakat  melalui Musyawarah rencana Pembangunan (Musrembang) Pemerintah Desa Lamunde, untuk Tahun anggaran 2022 telah terelisasi jalan Usaha Tani melalui anggaran DD tahap pertama.


Bukan itu saja usulan masyarakat kata Altin, selain Penimbunan jalan usaha tani atau peningkatan Infrastruktur jalan, ada juga permintaan masyarakat untuk pangan,  yaitu penanaman Jagung, dan pembersihan  saluran irigasi yang merupakan kebutuhan sangat prioritas bagi masyarakat desa Lamunde.


"Jadi kita kondisikan anggaran Dana Desa tahun ini, yang mana bisa kita prioritaskan dan anggarkan dulu sesuai kemampuan keuangan, karena ada yang lebih prioritas yaitu penerima Bantuan Langsung Tunai atau BLT," Kata Altin.



Ia menyebutkan pengalokasian anggaran program kerja tahun 2022, hanya bisa menganggarkan Penimbunan jalan usaha tani sepanjang 400 meter, program penanaman jagung 20 hektarare, dan pembersihan saluran irigasi, selebihanya untuk penanganan Covid 19 termasuk BLT di dalamnya dan SDGs.


lanjut Altin, sebagai sarana transparansi kepada publik, semua tertuang  di baliho anggaran pendapatan belanja Desa ( APBDES) tahun 2022 Desa lamunde, sehingga bisa lebih jelas aitem pekerjaan yang sudah selesai maupun yang sementara berjalan katanya.



Penulis : Polywud.

Komentar

Tampilkan

Terkini