Iklan

profil red

Sebanyak 719 SK di Koltim, di Serahkan Secara Simbolis Bupati Sulwan Aboenawas

Kabar-Tenggara
Kamis, 14 April 2022, April 14, 2022 WIB Last Updated 2022-04-15T02:43:32Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 


Kabartenggara.com -
Sebanyak 719 Surat Keputusan Pegawai Negeri Sipil (SK-PNS) dan SK Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) lingkup Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) tahun 2022, diserahkan secara simbolis oleh Pj Bupati Ir H Sulwan Aboenawas M.Si. di Aula Pemda Koltim, Kamis, (14/4/2022).


Adapun Penerima SK yang disampaikan Bupati dalam Sambutanya, sebanyak 719 ASN yang direkrut untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas dan pelayanan publik ditengah tengah masyarakat, demi meningkatkan kapasitas organisasi dan dalam rangka mempercepat pencapaian tujuan strategis nasional.


Dikatakan Bupati, Pemerintah pusat telah mengalokasikan kebutuhan ASN di lingkup pemerintah kabupaten Kolaka Timur setiap tahunnya sejak 2019 sampai tahun 2022. Sehingga hari ini akan mendapatkan legitimasi dari pemerintah sebagai Aparatur Sipil Negara.



"Rincian CPNS formasi tahun 2019 sejumlah 191 orang, CPNS sebanyak 143 orang dan PPPK Fungsional Guru 381 orang serta Fungsional Penyuluh Pertanian yang berjumlah 4 orang," jelasnya.



Adapun Dasar Penyerahan tersebut, mengacu pada  peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) dan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 49 tahun 2018. dan berdasarkan peraturan menpan RB nomor 509 tahun 2021 tentang penetapan kebutuhan pegawai aparatur sipil negara di lingkup pemerintah kabupaten Kolaka Timur tahun 2021.




Pesan Bupati dalam sambutanya, karena PNS yang merupakan unsur utama sumber daya manusia, dan sebagai aparatur negara yang mempunyai peranan untuk menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan pembangunan daerah.



Begitupun PPPK sebagai produk strategis aparatur yang baru, yang lahir berdasarkan peraturan pemerintah nomor 49 tahun 2018 yang di harapkan dapat memenuhi kebutuhan aparatur guru dimasa mendatang.



" Sosok PNS dan PPPK ini sejatinya diwujudkan dengan sikap dan perilaku yang penuh dengan kesetiaan dan ketaatan kepada negara, bermoral dan bermental baik, profesional, sadar akan tanggung jawabnya sebagai pelayan publik, serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa," pesannya.



Lanjut Sulwan, sepatutnya kita berbangga karena mendapatkan tambahan energi baru dari ASN yang hari ini kita saksikan, tentu kita mengharapkan bahwa dalam pelaksanaan setiap tugas pokok dan tanggung jawab yang di emban setiap CPNS dan PPPK ini hendaknya dilakukan dengan sebaik-baiknya.




"Dengan penuh kedisiplinan, loyalitas, integritas dan rasa tanggung jawab terhadap bidang tugas masing-masing," jelasnya.


Sambung Bupati, "saudara-saudara adalah hasil seleksi yang ketat dan kompetitif yang di lakukan berbulan-bulan sehingga kalian harus bersyukur atas capaian hasil sampai tahap ini. dimana diawali dari penerimaan secara terbuka baik seleksi administrasi maupun seleksi kompetensi yang telah dilakukan oleh Panselnas dan kementerian pendidikan dan kebudayaan secara transparan dan dapat dipertanggungjawabkan berdasarkan peraturan dan ketentuan perundang-undangan, yakni melalui, tahapan perencanaan, pengumuman lowongan, pelamaran, seleksi, pengumuman hasil seleksi, masa percobaan dan pengangkatan menjadi ASN," paparnya.



Mengakhiri sambutannya, Sulwan Aboenawas berharap agar dalam mengemban amanah senantiasa berpegang pada kecerdasan spiritual, sosial dan intelektual.



"Yaitu, pengendalian diri dalam membina hubungan antara ASN terlebih lagi antara atasan dan bawahan, mampu mengkomunikasikan terkait pembangunan daerah yang dilakukan, memiliki kecerdasan intelektual dalam mengasa dan membina disiplin kinerja," tutupnya. (*)


Komentar

Tampilkan

Terkini