Iklan

profil red

Pemkab Koltim Mulai Sosialisasikan Pilkades Serentak

Kabar-Tenggara
Selasa, 30 Agustus 2022, Agustus 30, 2022 WIB Last Updated 2022-08-31T06:30:21Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Kabartenggara
- Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur (Pemkab - Koltim) hari ini Rabu (31/8) di Aula Pemda, menggelar Sosialisasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak untuk 83 Desa Se - Kabupaten Koltim.


Kegiatan yang di gelar oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), di buka langsung Plt Bupati Koltim Abdul Azis SH, yang di hadiri Sekda Koltim Andi Muhamad Iqbal Tangasa, Ketua DPRD Kotim Sumahemi Nasir, Kapolres Kolaka, yang mewakili Dandim Kolaka, Kajari Kolaka, Ibu Tp - PKK Koltim, segenap OPD Asisten dan Stap Ahli, serta seluruh Camat, Kepala Desa dan BPD se Kabupaten Koltim.



Adapun sambuatan Bupati Abdul Azis menyebut, jika sosialisasi Pilkades ini, juga merupakan ajang silaturahmi dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan dikoltim, dan ia mengingatkan BPD agar dapat memastikan tahapan - tahapan Pilkades. 



"Kepada seluruh BPD, setelah sosialisasi ini, untuk segera berkordinasi dengan para Camat selaku faslitator untuk menentukan panitia Pemilihan, tukasnya.



Bupati juga menghimbau kepada seluruh masyarakat koltim, agar dapat mengawasi pilkades secara serentak mulai dari tahapan hingga akhir.



dan ia juga menegaskan kepada para Camat, agar melakukan konsolidasi untuk memfasilitasi pembentukan panitia Pilkades di wilayahnya masing - masing, hal ini kata Bupati, agar proses demokrasi dapat berjalan lancar.


''Mari bekerja secara konferhensif sehingga kita mampu menyukseskan Pilkades secara serentak 2022, dan kami Pemda maupun TNI/Polri siap menyukseskan Pilkades serentak, '' tegasnya.


Kemudian Plt Kadis DPMD Koltim Irwan Kara, S.sos dalam laporanya, mengatakan, dasar hukum pelaksanaan Pilkades adalah undang -undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa,  juga di dasari perda dan perbup Kabupaten Koltim. dan Ia juga berharap dukungan dari bupati, dalam hal ini Pemda, agar pelaksanan pilkades dapat berjalan lancar.


Dijelaskan Irwan, tahapan Pilakdes terhitung mulai bulan juli hingga bulan september mendatang dan puncak pemilihannya di Bulan Desember, karena Anggaran Pilkades katanya di bebankan pada APBD tahun 2022.


''Pergelaran demokrasi Pilkades serentak 2022 ini, anggaranya dibebankan pada APBD tahun 2022, kemudian tahapan pilkades mulai juli hingga september dan puncak pemilihan di bulan desember 2022,'' Jelas Irwan Kara. 


Editor ;   Im


Komentar

Tampilkan

Terkini