Iklan

profil red

Bupati Abd Azis Membuka Secara Resmi Rapat Kerja IBI Kabupaten Kolaka Timur

Kabar-Tenggara
Jumat, 19 Mei 2023, Mei 19, 2023 WIB Last Updated 2023-05-19T12:37:44Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Kabartenggara
  -  Plt. Bupati Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Abd Azis SH, MH, Membuka secara resmi Rapat Kerja Cabang  ke- 1 (Rakercab) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Kolaka Timur, Sekaligus Pelaksanaan Seminar Ilmiah IBI.  


Acara yang dibuka langsung oleh Plt. Bupati di Aula Pemda Koltim, di ikuti Ratusan orang peserta anggota IBI Se Koltim, dan turut di hadiri Ketua DPRD Koltim, Hj. Suhaemi Nasir, S.Pd, M.Pd, Sekda Koltim A. Muhamad Iqbal Tongasa SSTP MSI, Ketua TP-PKK Koltim Hartini Azis, A.Ma,  Ketua PB IBI Sultra Maswaty Madjid S.KM, S.Tr, Keb, MSi, Ketua PC IBI Kolaka Timur Dahlia Yuli Astuti, S.SiT, MPH, Para pimpinan OPD dan  para Camat se-Koltim. Jumat, (19/05/2023).


Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Koltim diminta terlibat dalam penanganan stunting. Sebagaimana Profesi Bidan menuntut seseorang untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Pelayanan tersebut meliputi kesehatan ibu, anak, reproduksi perempuan, dan keluarga berencana. 



Hal ini disampaikan Abd Azis saat memberikan sambutan Rakercab dan juga  diangkat dalam tema Rakercab : "Konsolidasi organisasi IBI dalam menghadapi perkembangan pelayanan Kesehatan  Ibu dan anak (KIA), Keluarga Berencana (KB) dan kesehatan  Reproduksi".


Abd Azis berharap, tugas dan amanah yang diberikan kepada para Bidan  dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, serta dapat menjadi mitra Pemda dalam melakukan pembinaan dan tumbuh kembangnya kesehatan Ibu dan Anak serta dapat menurunkan angka stunting di Kabupaten Kolaka Timur.


"Keberadaan Bidan sangat strategis  untuk pembinaan dan pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak, melakukan advokasi serta pemberdayaan, dalam mencari solusi dan inovasi guna meningkatkan kesejahteraan perempuan, keluarga dan masyarakat", harap Bupati dalam sambutannya.



Oleh sebab itu sambung Bupati,  penting untuk saling bekerja sama dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang kesehatan. Melalui pelayanan kebidanan yang berkesinambungan dan paripurna, agar percepatan penurunan stunting menjadi salah satu agenda dan pembahasan.


Menurutnya, Bidan harus menunjukkan perannya ditengah masyarakat, sebagai pelayan kesehatan dan perpanjangan tangan pemerintah di sektor kesehatan, guna bersama sama melanjutkan pembangunan bangsa dan Daerah yang semakin baik, dalam menunjang visi Kabupaten Koltim, yakni ; Sejahtera Bersama masyarakat, yang Agamis, Maju, Mandiri dan Berkeadilan.


"Berfokus pada aspek pencegahan dan promosi serta dengan berlandaskan kepada kemitraan dan pemberdayaan masyarakat, Karena tugas pokok dan fungsi Bidan merupakan garda terdepan yang berhubungan langsung dengan Masyarakat", Ujarnya.


 


Sementara itu Ketua PC IBI Kabupaten  Koltim Dahlia Yuli Astuti S.Sit, MPH, saat dikonfirmasi langsung sejumlah Wartawan, ia sangat berharap, agar dengan terselenggaranya  Rakercab I IBI di Kabupaten Kolaka Timur  yang baru saja dibuka oleh  Plt. Bupati Abd Azis SH MH, maka  pelayanan dalam meningkatkan kesehatan Ibu dan Bayi dapat lebih baik dari sebelumnya.


"Semoga dengan adanya  kegiatan ini, kita dapat meningkatkan pelayanan kesehatan, agar Koltim dapat menurunkan aksi angka kematian Bayi dan pelayanan kesehatan yang berkualitas", harapnya.


Dahlia juga menyampaikan, jika kegiatan ini akan terus dilaksanakan setiap lima  tahun. Sekali.


"Kami berpesan,  Sebab berkaitan langsung dengan capaian kinerja kesehatan Pemkab Kolaka Timur, kegiatan ini akan dilaksanakan setiap lima tahun sekali", tutup Dahlia Yuli Astuti. (ADV).


Radksi


Komentar

Tampilkan

Terkini