Iklan

profil red

Paripurna Persetujuan DPRD dan Pemda, Resmi Menetapkan APBD Tahun 2024 Kolaka Timur

Kabar-Tenggara
Rabu, 29 November 2023, November 29, 2023 WIB Last Updated 2023-12-01T22:16:18Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Kabartenggara
- Melalui rapat Paripurna pada Kamis (30/11/2023) malam, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bersama Pemerintah Daerah ( Pemda) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) telah resmi menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Koltim tahun 2024. 


Penetapan dalam Rapat yang di gelar disalah satu hotel kota Kendari, dengan Agenda persetujuan penetapan Raperda APBD tahun anggaran 2024 kabupaten Kolaka Timur, di pimpin oleh Ketua DPRD Koltim, Suhaemi Nasir, dihadiri oleh Bupati Koltim Abd Azis, Sekda Koltim Andi Muh Iqbal Tongasa, Wakil Ketua, Anggota DPRD Koltim, dan pimpinan OPD lingkup Pemda Koltim. 



Adapun sambutan Bupati Koltim Abd Azis SH, MH menegaskan, bahwa penetapan APBD didasarkan pada Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2024 sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 15 tahun 2023.


Dimana sebelumnya Bupati mengucapkan Terimakasih kepada DPRD dan semua pihak yang mendukung proses penyusunan APBD 2024, yang dikatakannya dengan sinergitas yang baik merupakan modal dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.


"Saya berharap, momentum positif ini dapat berlanjut dalam berbagai agenda kegiatan pemerintahan dan pembangunan," ujar Bupati.


Lanjut ia menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Koltim berkomitmen untuk melaksanakan kebijakan dan program dengan baik demi mencapai visi, misi, tujuan, dan sasaran pembangunan yang lebih baik untuk Wonua Sorume. 


"Kami telah mengalokasikan APBD Tahun Anggaran 2024 ini, untuk pelaksanaan kegiatan dalam proses pembangunan baik fisik maupun non fisik. Ini merupakan komitmen pemerintah dalam melakukan pembangunan yang merata baik dari segi sumber daya alamnya, dan sumber daya manusianya. Saya mengingatkan kepada seluruh Jajaran yang diberikan amanah dalam mengelola anggaran, untuk digunakan sebaik-baiknya yang berdampak kepada masyarakat serta tepat sasaran sehingga banyak memberikan manfaat bagi masyarakat dan daerah Kolaka Timur,” ungkapnya.



Bupati mengibaratkan, jika kita jadi matahari yang menyinari seluruh permukaan, mari memberikan manfaat kepada setiap orang tanpa melihat suku, ras, dan bahkan agama. Sehingga, selaku eksekutif Pemda Koltim berkomitmen untuk mengkaji seluruh catatan strategis yang disampaikan, guna ditindaklanjuti sesuai mekanisme dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.


"Penegasan komitmen Pemda Koltim untuk menjadi 'matahari' yang memberikan manfaat kepada setiap orang, tanpa memandang suku, ras, atau agama".


Untuk diketahui, gambaran singkat mengenai APBD Koltim tersebut. Dimana, target Pendapatan Daerah dalam APBD Tahun Anggaran 2024 adalah sebesar Rp. 827.399.123.421.


"Rencana APBD Koltim 2024 mencakup target pendapatan daerah sebesar Rp. 827.399.123.421, dengan rincian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rp. 27.537.112.615, Pendapatan Transfer Rp. 767.505.848.282, dan Pendapatan Lain-lain sebesar Rp. 32.356.162.524. Rencana belanja daerah mencapai Rp. 857.492.489.549, dengan pembiayaan daerah yang terdiri dari penerimaan dan pengeluaran pembiayaan," bebernya.


Bupati juga mengajak seluruh jajaran yang diberikan amanah dalam mengelola anggaran untuk menggunakan dana sebaik-baiknya, dengan tujuan memberikan manfaat kepada masyarakat dan daerah Kolaka Timur.


Sebagai tindak lanjut, kata Bupati, Pemda Koltim terus berkomitmen untuk mengkaji catatan strategis yang disampaikan dalam rapat, sesuai dengan mekanisme dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.


Redaksi; 




Komentar

Tampilkan

Terkini