Iklan

profil red

Pemda Koltim Gelar Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa Berbasis Aplikasi Siskuades

Kabar-Tenggara
Selasa, 23 Januari 2024, Januari 23, 2024 WIB Last Updated 2024-01-26T08:57:10Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Kabartenggara
- Bimtek pengelolaan keuangan desa melalui aplikasi siskeudes versi 2.06 dan CaLK TA. 2024  bagi operator pengendali siskeudes desa se kab. kolaka timur, Selasa 23 Januari 2024, di hotel claro kendari, dibuka Sekda Koltim mewakili bupati.


Sambutan tertulis bupati disampaikan Sekda Koltim: Dengan ditetapkannya Permendagri No. 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa sebagai Perubahan Permendagri No. 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, turut berdampak pada Aplikasi Sistem Keuangan Desa  yang akan diimplementasikan oleh 117 Desa yang ada di Kabupaten Kolaka Timur, untuk melakukan penyesuaian menu, konten dan fitur-fitur yang ada pada aplikasi Siskeudes versi 2.06.



Oleh karena beberapa penetapan ketentuan-ketentuan teknis tentang pengelolaan keuangan desa, tentunya dinilai perlu untuk melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) ini yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, wawasan serta kapasitas aparatur Desa dalam menghasilkan dokument perencanaan,pengelolaan hingga pelaporan keuangan desa yang baik dan benar agar tercipta pengelolaan keuangan yang transparan, akuntabel dan partisipatif dengan dibantu alat kerja berbasis aplikasi siskeudes.


Dengan pengunaan aplikasi ini diharapkan lebih mempermudah dan mendukung pengelolaan keuangan desa untuk mencatat data rekonsiliasi Dana Desa terhadap catatan atas laporan keuangan desa di tahun 2023, yang kemudian bisa dipergunakan untuk mempercepat dan mempermudah proses pencairan Dana Desa Tahap I Tahun 2024 dan penyaluran bantuan kelompok masyarakat melalui BLT Dana Desa sesuai regulasi yang ada.


Pelaksanaan Bimtek ini juga dilaksanakan dalam rangka menjalankan amanah dari KPK sebagai upaya peningkatan nilai indikator MCP pada Kabupaten Kolaka Timur yang mana di tahun 2023 capaian penilaian MCP KPK untuk dana desa telah mencapai 76 % sehingga menjadi harapan kedepanya capaian ini terus meningkat di tahun 2024. Untuk itu, diharapkan kepada aparatur Kabupaten sebagai administrator dan pemerintah desa sebagai operator di desa dapat mengimflementasikan aplikasi ini dengan baik.





Pemerintah daerah tentunya menyambut baik pelaksanaan kegiatan bimtek ini yang tentunya akan banyak memberi mamfaat dalam sistem pemerintahan khusunya terkait sistem pengelolaan keuangan desa di kabupaten kolaka timur.


Oleh karena itu, mengingat pentingnya kegiatan Bimtek pada hari ini, saya tekankan kepada para peserta untuk dapat mengikuti Bimtek ini dengan sunguh-sungguh. Dengan harapan setelah pelaksanaan Bimtek ini para peserta sekalian lebih memahami tentang penggunaan dan pengelolaan Aplikasi Siskeudes versi terbaru, sehingga nantinya bisa diterapkan pada desa saudara.

Komentar

Tampilkan

Terkini