Iklan

profil red

Perdana, Assessment Jabatan Eselon Dua di Gelar Pemda Kolaka Timur

Kabar-Tenggara
Senin, 19 Februari 2024, Februari 19, 2024 WIB Last Updated 2024-02-21T09:27:10Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Kabartenggara
-  Pertama kali atau Perdana Pemda Kolaka Timur menggelar uji kompetensi seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama (eselon dua), yang bekerja sama lembaga Assessment Polri yang terakreditasi A oleh Badan Kepegawaian Nasional.


Pelaksanaan uji kompetensi melalui seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) lingkup Kabupaten Kolaka Timur, melalui Assessment Center Kepolisian Republik Indonesia, berlangsung di Hotel Kubah 9 Kendari, Selasa (20/2/2024).


Assessment tersebut dibuka Kapolda Sultra melalui Karo SDM Polda Sultra Kombes Pol Danang Benny Kuswandono, S.I.K M.H yang mengapresiasi Pemda Kolaka Timur dalam melaksanakan assessment  pengisian JPTP, yang menurutnya ini pertama kali dilaksanakan dengan menggunakan fasilitas assessment center Polri, Polda Sulawesi Tenggara.



Danang Benny yakin dan percaya, jika seleksi terbuka ini akan berjalan dengan baik dan independen, yang dapat menghasilkan pimpinan yang berkualitas. dimana para pejabat tinggi pratama akan mampu melaksanakan tugas dalam satuan kerja.


Ia menambahkan, Assessment Center adalah suatu metode penilaian yang terstandar, guna menilai dan mengukur potensi serta prediksi keberhasilan seseorang dalam suatu jabatan melalui beberapa simulasi, atau alat ukur multi tools berdasarkan kompetensi jabatan yang dilakukan oleh beberapa asesor.


”Assessment ini, sesuai dengan MoU beberapa waktu lalu, jadi saya ingatkan kepada seluruh peserta, nda usa belajar seperti mau ujian, kami menilai sesuai dengan kompetensi dan pengalaman masing-masing", ujarnya.


Hal senada disampaikan Bupati Koltim Abd Azis SH MH, Menurutnya, melalui assessment ini, bertujuan untuk mengukur akurasi masing-masing peserta, untuk bisa menyelesaikan persoalan-persoalan di instansi masing-masing nantinya. 


"Seperti yang disampaikan pak Karo SDM tadi, tidak usah belajar seperti mau ujian sekolah, karena yang akan muncul nanti apa adanya saja yang kita miliki, yang biasa kita lakukan. Kami akan memilih secara objektif karena semua memiliki kesempatan. Perbanyak berdoa dan berikhtiar, jangan bohong-bohong nanti pasti ketahuan. Semoga kegiatan ini, berjalan dengan baik, dan melaksanakan sesuai tupoksi masing-masing", tegas kosong satu Koltim itu. 



Azis menambahkan, Pemda Kolaka Timur membutuhkan pejabat pimpinan tinggi pratama yang mampu menjawab tantangan pembangunan ke depan yang akan semakin berat. Sehingga seleksi terbuka ini perlu disikapi dengan ASN di era reformasi dan otonomi daerah yang memiliki kompetensi memadai dan sesuai dengan tuntutan tugas.


"Saya berharap melalui seleksi terbuka ini akan menghasilkan kualitas terbaik dari yang terbaik sebagai calon pejabat pimpinan tinggi pratama di Kabupaten Kolaka Timur", jelasnya.


Sementara Ketua Tim Assesor Kombes Pol Indra Setiawan memaparkan, jika pelaksanaan assessment atau kegiatan ini, merupakan perintah undang-undang melalui Peraturan Men PAN/RB.


Assessment Polri ini sudah mendapat Akreditasi A dari BKN dan Kemen PAN RB. Dan sudah mendapat Rekor MURI sebagai lembaga yang peserta terbanyak menggelar assessment seperti ini. Dan untuk soalnya nanti, adalah kegiatan yang biasa dilakukan setiap hari dari masing-masing peserta katanya.



Diketahui Sebanyak 50 Aparatur Sipil Negara (ASN) pemegang jabatan Eselon 3 baik Sekretaris Dinas (Sekdis), Kepala Bagian (Kabag), Camat, Kepala Bidang (Kabid) maupun Sekretaris Camat (Sekcam) yang berasal dari Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) maupun luar Koltim mengikuti Assessment, turut ambil bagian untuk memperebutkan 11 JPTP atau setingkat Eselon 2.


Adapun 11 jabatan tersebut, adalah Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Asisten Administrasi Umum, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Sekretaris DPRD, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kepala Dinas Sosial dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.



Hadir dalam giat tersebut, Bupati Koltim Abd Azis, SH, MH, Karo SDM Polda Sultra Kombespol Danang Beny Kuswandono, S.I.K M.H mewakili Kapolda Sultra, Ketua Tim Assesor Mabes Polri Kombes Pol Indra Setiawan SH SIK MH, Sekda Koltim Andi Muh Iqbal Tongasa,S.STP M.Si dan sejumlah pimpinan OPD. (*)



Komentar

Tampilkan

Terkini