Iklan

profil red

Desa Lapangisi Pacu Pembangunan Sistem Padat Karya DD Tahun 2024

Kabar-Tenggara
Minggu, 12 Mei 2024, Mei 12, 2024 WIB Last Updated 2024-05-13T00:19:34Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Kabartenggara
- Desa Lapangisi Kecamatan Mowewe Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) yang di nahkodai H. Sainal Sakiru SE, pacu  pembangunan melalui Padat Karya Tunai Dana Desa (DD) tahun 2024. Hal itu bertujuan mempercepat pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.



H Sainal sapaan Akrab Kades Lapangisi itu menyebutkan, bahwa rencana pelaksanaan bidang pembangunan tahun ini terbagi lima (5) unit, yang memprioritaskan pembangunan Drainase dan decker. Sebagaimana untuk tahap satu DD disebutkan telah selesai pekerjaannya di bulan April 2024.



"Dari lima unit rencana kegiatan pembangunan desa tahun ini, untuk tahap satu Pembangunan Drainase dengan Volume 365 M, anggaran Rp.202. 285.100', dan rehab Deker plat dengan volume 1 unit yang anggarannya Rp 15, 233, 600', oleh Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) dengan sistem Padat karya tunai Dana Desa Lapangisi tahun 2024 telah selesai di bulan April lalu", terang H Sainal, Sabtu (13/5/2024).



Namun tentunya kata dia, semua Perencanaan dana desa tetap berbasis Musyawarah, artinya semua transparan dan tidak ada dana desa Lapangisi yang dikelola secara tertutup. 



Adapun rencana kegiatan Rumbuk tata kelola pemanfaatan Dana Desa tetap melibatkan berbagai elemen, diantaranya BPD, dan kolaborasi Pendamping Desa, Dinas PMD dan stakeholder yang ada di Desa.




Menurut H. Sainal, sesuai kebutuhan desa untuk mengantisipasi banjir meluap utamanya di rumah - rumah warga di musim panca roba dengan intens hujan yang tidak bisa diprediksi, maka penggunaan Dana Desa di pacu dan juga dipercepat guna pemberdayaan masyarakatnya.



Dan Secara umum kata dia, infrastruktur dan pemberdayaan di Desa sudah sangat mumpuni melalui penggunaan Dana Desa selama ini, yang dampak positif bisa dinikmati manfaatnya oleh seluruh masyarakat Desa Lapangisi. Seperti jalan desa, jembatan, Drainase, kegiatan BumDes dan sarana pendukung lainnya yang telah terbangun  selama ini.



Redaksi ;

Komentar

Tampilkan

Terkini