Iklan

profil red

Tingkatkan Produksi Aci Sagu Melalui Teknologi Modern, KpM USN Kolaka Gelar Pelatihan di Koltim

Kabar-Tenggara
Minggu, 08 September 2024, September 08, 2024 WIB Last Updated 2024-09-08T12:39:00Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Kabartenggara.com
-  Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), Universitas Sembilan belas Nopember (USN) Kolaka. Mengelar pelatihan manejemen, pengorganisasian dan keterampilan kelompok pengolahan pangan lokal sagu, melalui alih teknologi. Sabtu, 7/9/2024, berempat di Desa simbune, Kecamatan Tirawuta Koltim.



Nursalam Sp.M,si, ( ketua tim pelaksana ) megungkapkan Program PKM ini bertujuan untuk mendukung para pengolah sagu lokal dalam meningkatkan produksi aci sagu melalui penerapan teknologi pengolahan modern. Dengan mengadopsi teknologi terbaru, pelaku usaha kecil diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk mereka, Kuantitas Produksi, serta mempercepat proses produksi.Dengan adanya pemanfaatan teknologi yang lebih moderen, diharapkan produk pangan yang dihasilkan menjadi lebih higienis. ungkapnya



Dijelaskan nya Selain pelatihan teknologi pengolahan, program ini juga melibatkan pelatihan manajemen produksi dan operasi dan pemasaran digital. Melalui manajemen yang lebih baik, para pelaku usaha diharapkan dapat mengelola keuangan serta sumber daya manusia dengan lebih efektif. Sementara itu, pemasaran digital akan membantu memperluas akses pasar, memungkinkan produk aci sagu lokal untuk dipasarkan di platform online dan mencapai pasar yang lebih luas. Jelasnya.


Kegiatan ini disambut antusias oleh masyarakat khususnya kelompok pengolah sagu (Sakua Indah). 


Salah satu anggota pengolah sagu setempat menyatakan, “Kami sangat berterima kasih atas dukungan ini. Dengan teknologi yang diajarkan, kami dapat memproduksi lebih banyak aci sagu berkualitas. Dengan pemasaran digital, kami berharap produk kami bisa dikenal tidak hanya di sekitar Kolaka Timur, tapi juga di luar daerah.”



Program yang didukung oleh pendanaan Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRTPM) ini diharapkan dapat mendorong kemajuan ekonomi masyarakat lokal dan mendukung upaya pemerintah dalam ketahanan pangan berbasis potensi pangan lokal.


Kegiatan pelatihan ini berlangsung selama beberapa bulan dengan melibatkan pakar teknologi pengolahan pangan, manajemen dan pemasaran digital yang akan memberikan bimbingan intensif kepada para peserta.

Dengan keberhasilan program ini, diharapkan produk aci sagu dari Kolaka Timur akan semakin kompetitif di pasar lokal maupun nasional, sekaligus memperkuat sektor agribisnis daerah.

Tim Pelaksana : Nursalam, SP., M.Si (Ketua) Agusriyadin, S.Si, M.Sc (anggota) dan Kartomo, S.Pd., M.Ec.Dev (Anngota)


Redaksi;

Komentar

Tampilkan

Terkini